iklan jual beli mobil

Ayo Mendaftar Design Thinking Workshop Samsung: Kunci Sukses Gen Z di Solve for Tomorrow 2024

Peserta Design Thinking Workshop Samsung Solve for Tomorrow 2024
Design Thinking Workshop Samsung: Kunci Sukses Gen Z di Solve for Tomorrow 2024
Suarajatim.com - Studi menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah dianggap sangat penting oleh Generasi Z untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Dengan ketidakpastian ekonomi yang tinggi, kemampuan untuk menemukan solusi dan berpikir secara mandiri menjadi pembeda antara keberhasilan dan kegagalan. Generasi Z berharap pendidikan dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan tersebut.

Untuk itu, Samsung kembali menghadirkan Design Thinking Workshop bagi peserta Solve for Tomorrow 2024. Pendekatan ini efektif untuk memecahkan masalah, mengembangkan ide, dan merancang solusi kreatif serta inovatif untuk masalah sosial di masyarakat. Tahun ini, Design Thinking Workshop diberikan kepada semua peserta yang mendaftar dan memenuhi persyaratan administrasi, berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya untuk peserta semi finalis.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, menyatakan pentingnya Design Thinking dalam mewujudkan ide menjadi solusi yang bermanfaat bagi banyak orang. "Workshop ini memberikan keterampilan penting bagi mereka dalam pemecahan masalah dan pengembangan ide serta merancang solusi untuk berbagai masalah sehari-hari," kata Ennita. Pelatihan ini mencakup siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Design Thinking adalah proses berpikir dan mindset yang meniru cara kerja seorang desainer. Peserta akan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif melalui pembelajaran berbasis proyek. Mereka juga akan memahami proses berpikir kognitif dan terstruktur untuk memecahkan masalah dan menghasilkan solusi yang kreatif dan nyata untuk berbagai masalah kompleks.

Workshop ini membantu peserta mengembangkan prototipe yang tepat, yang akan dipresentasikan di babak final. Peserta dengan concept paper dapat menyempurnakan proyek prototipe mereka.

Pelatihan terdiri dari empat sesi, masing-masing sekitar 2,5 jam, dengan tujuan menyelesaikan masalah nyata menggunakan lima langkah Design Thinking:

  1. Empathize: Peserta mempelajari masalah dan orang yang terkena dampaknya melalui observasi dan wawancara untuk memahami perspektif mereka.
  2. Define: Peserta menyusun insight dari temuan mereka dan mengidentifikasi pola serta sudut pandang untuk menghasilkan ide.
  3. Ideate: Peserta melakukan brainstorming untuk menggali ide sebanyak mungkin sebagai solusi potensial.
  4. Prototype: Membuat ide menjadi nyata dan menguji respon ide tersebut terhadap masalah yang ingin dipecahkan.
  5. Test: Menguji prototipe dengan pengguna untuk memastikan efektivitasnya, kemudian memperbaikinya berdasarkan umpan balik.


Program Samsung Solve for Tomorrow 2024 adalah kompetisi berbasis STEM yang mendorong pemikiran inovatif, pemecahan masalah kreatif, dan kerja sama tim untuk menyelesaikan masalah mendesak di masyarakat, termasuk pendidikan, lingkungan, dan kesehatan.

Pendaftaran untuk Program Samsung Solve for Tomorrow dapat dilakukan di sini: https://www.samsung.com/id/solvefortomorrow/

Pemenang dari setiap kategori kompetisi ini akan mendapatkan hadiah berupa produk Samsung dengan nilai Rp170 juta untuk juara pertama, Rp75 juta untuk juara kedua, Rp30 juta untuk juara ketiga, dan Rp23 juta untuk tim pemenang People Choice Award.

LihatTutupKomentar